Mengenal Myopia / Mata Minus


Miopia atau sering kita dengar dengan istilah mata minus adalah sebuah kelainan mata, dimana mata dapat melihat objek dari dekat dengan jelas namun  mengalami gangguan saat melihat objek dari jarak jauh. Miopia biasanya terjadi karena mata tidak dapat memfokuskan cahaya yang masuk ke retina ( bagian mata yang berfungsi untuk melihat).  Miopia sendiri dapat menyerang anak anak maupun orang dewasa, gejala awal dari miopia ini bisa berupa mata perih,mudah pusing,serta  mata sering mengeluarkan air.


Selain karena faktor keturunan Miopia juga  dimana sekarang ini banyak sekali anak kecil yang memakai kaca mata karena minus. Faktor keturunan seperti ini bisa di cegah dengan menikah atau mencari pasangan hidup yang tidak memakai kaca mata atau dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi sayur mayur yang kaya akan vitamin A. Nah sobat pembaca berikut ini adalah kebiasaan buruk yang sering di lakukan dan dapat menyebabkan terjadinya mata minus
 
1.Membaca buku sambil tidur
2.Main game terlalu dekat
3.Tidak mengistirahatkan mata ketika lelah
4.Membaca sms sambil tiduran

Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dapat menyebakan bola mata menjadi panjang sehingga cahaya tidak fokus pada retina. Penyakit miopia ini dapat di cegah sedini mungkin dengan melakukan hal berikut :
 
1.Mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin A
2.Megistirahatkan mata ketika mata lelah
3.Mengalihkan pandangan mata ke tempat hijau ketika lelah di depan komputer
4.Menerapkan pola hidup sehat

Selain dengan melakukan mencegah, miopia  dapat di atasi dengan memasang lensa cekung pada kaca mata atau lensa kontak, alat bantu ini akan membantu cahaya fokus pada  mata. Cara lain yang di gunakan adalah dengan operasi refraktif seperti  lasik,epi lasik dan implan lasik. Metode lasik ini menggunakan laser untuk mengurangi lapisan kornea pada mata sehingga kornea lebih datar dan bayangan benda lebih fokus pada retina. 

Untuk operasi mata pun biaya yang dibutuhkan juga tidaklah murah sekitar 23.000.000 rupiah untuk sepasang mata. Selain mahal proses pemeriksaan pun juga lumayan menyita waktu apalagi operasi lasik saat ini hanya bisa dilakukan dirumah sakit mata Kota Surabaya. Tentu bagi yang domisili jauh harus wara wiri bolak balik ke Surabaya untuk Operasi lasik.

Miopia sendiri pada umumnya akan sembuh seiring dengan bertambahnya usia namun dalam kasus lain bisa sebaliknya yaitu  dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Satu hal lagi sobat vitamin dan obat obat lain tidak bisa menyembuhkan myopia, obat dan vitamin hanya berfungsi sebagai penguat dan mensuplai kesehatan mata serta mencegah dampak myopia berjalan semakin cepat. Kerana menurut dokter mata minus hanya bisa di hilangkan dengan oporasi lasik saja.
 
Semoga bermanfaat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Myopia / Mata Minus"

Post a Comment