Surya Majapahit Lambang Kerajaan Penguasa Nusantara


Siapa yang tak kenal dengan kerajayan Majapahit, cerita akan kesohoran dan kemegahanya pasti sudah terdengar di seluruh pelosok Nusantara. Sebagai sebuah kerajaan besar majapahit memiliki sebuah lambang Negara yang di kenal dengan sebutan Surya Majapahit  / Surya Wilwatikta. Lambang kerajaan yang menurut catatan sejarah pernah mengalami beberapa kali pergantian ini kerap sekali di temukan pada sisa reruntuhan bangunan masa lampau. Lambang yang diambil dari bentuk matahari dan berdiagram kosmologi tersebut mempunyai delapan sudut dengan  bagian tengahnya menampilkan sosok dewa dewa hindu. 

Dewa dewa hindu tersebut memiliki peran dan simbolis tersendiri dalam surya majapahit terutama lambang dewa shiwa yang berada pada bagian tengah merupakan dewa yang paling diagungkan pada masa itu. Berikut beberapa nama dewa dewa kepercayaan agama hindu yang berada di dalam surya majapahit.
Arca Shiwa (sumber internet)

Bagian Tengah ( Dewa Shiwa)
Dewa Siwa adalah satu dari dewa yang paling dihormati dalam agama hindu selain Dewa Brahma dan Dewa Wisnu (Trimukti / Tiga dewa utama). Dewa Shiwa sendiri juga mempunyai 108 sebutan di antaranya Jagatpati, Nilakantha, Rudra dan lain lain.  Tugas dari dewa shiwa dalam kepercayaan agama hindhu adalah sebagai pelebur segala sesuatau yang telah using atau tidak layak lagi berada di dunia yang fana ini, sehingga harus di kembalikan kepada asalnya.

Di Timur (Dewa Iswara)
Dewa Iswara adalah dewa yang menguasai atau penguasa arah timur (Purwa), disebut juga sebagai Parama Iswara yang artinya paling cemerlang diantara mahluk yang cemerlang,  bersenjata Bajra, kendaraan Gajah.

Di Barat (Dewa Mahadewa)
Dewa Mahadewa adalah dewa yang menguasai arah barat (Pascima), bersenjata Nagapasa, kendaraan Naga.
Arca Wishnu (sumber internet)

Di Utara (Dewa Wishnu)
Dewa Wishnu adalah dewa yang menguasai atau penguasa arah Utara (Uttara), bersenjata Cakra Sudarsana, kendaraan Garuda. Dalam ajanran Hindu Dewa Wishnu memiliki gelar yaitu Shititi (Pemelihara) yang bertugas memelihara dan melindungi segala ciptaan Brahma (Tuhan Yang Maha Esa). Termasuk salah satu dewa yang paling di hormati dalam agama hindu, 
Arca Brahma (sumber internet)

Di Selatan ( Dewa Brahma)
Dewa Brahma adalah dewa yang menguasai atau penguasa arah Selatan (Daksina), bersenjata Gada, kendaraan Angsa. Menurut ajaran agama Hindu, Brahma adalah Dewa Pencipta.

Di Timur Laut (Dewa Sambhu)
Dewa Sambhu merupakan penguasah arah Timur Laut (Ersanya), bersenjata Trisula, Kendaraan Wilmana.

Di Barat Laut (Dewa Sangkara)
Dewa Sangkara adalah dewa penguasa arah Barat Laut (Wayabhya), bersenjata Angkus/Duaja, kendaraan Singa.

Di Tenggara (Dewa Maheswara)
Dewa Maheswara adalah dewa yang menguasai arah Tenggara (Gneyan), bersenjata Dupa, kendaraan Macan.

Di Barat Daya (Dewa Rudra)
Dewa Rudra adalah dewa penguasa arah Barat Daya (Nairiti), bersenjata Moksala, kendaraan Kerbau.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Surya Majapahit Lambang Kerajaan Penguasa Nusantara"

Post a Comment