Cerita Mistis Berbalut Keindahan Di Pantai Prahu Remak Munjungan


Nama pantai perahu remak mungkin memang masing sangat janggal di telinga masyarakat kota Trenggalek hal ini tak bisa di pungkiri karena letak dari pantai ini sendiri memang sangat jauh dan sulit dijangkau dengan  kendaraan bermotor. Pantai yang berada di sekitar ujung timur kecamatan Munjugan ini pun juga sangat kental dengan cerita mistisnya, apa lagi ditambah dengan suasana yang tergolong sepi di kawasan tersebut tentu membuat siapa saja berpikir dua kali untuk melakukan solo trip di pantai prahu remak. Pada dasarnya pantai prahu remak merupakan sebuah pantai yang hampir keseluruhannya tersusun dari bebatuan yang telah menyatu dengan deburan ombak selama bertahun tahun lamanya, maka tak heran jika di kawasan pantai ini akan kita jumpai banyak sekali batu seukuran kepal orang dewasa dengan bentu oval dan bahkan ada batu yang berbentuk hampir bulat sempurna.

Namun siapa yang menyangka justru pada batu-batu berbentuk unik inilah letak cerita mistisnya dimulai, berawal dari sebuah perjalanan saya bersama rekan seperjalanan saya menuju pantai ini kami pun menyempatkan  diri untuk bertanya pada warga sekitar tentang lokasi pantai prahahu remak. Dengan muka penuh tanya salah seorang warga pun bertanya tentang urusan kami menuju pantai prahu remak, kami pun menjawab hanya sekedar ingin dolan saja dan mengambil beberapa jepret foto disana. Usut punya usut ternyata menurut cerita bapak tadi di pantai prahu remak terdapat sebuah pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh setiap para pengunjung yang kesana. Pantangan tersebut adalah tidak boleh mengambil satu pun batu yang berbentuk unik tadi apapun alasannya, alasannya jika membawa batu tersebut pulang maka si pengambil akan terkena sakit mencret atau mules berkepanjangan dan tidak sembuh sebelum mengembalikan batu tersbeut pada pantai prahu remak.

Sempat kami tak percaya dengan cerita dari bapak tesebut namun memang benar adanya cerita ini telah turun menurun tersebar di wilayah kawasan ini, hal ini pun terbukti dengan penuturan dari  warga lain yang kami jumpai dalam perjalanan menuju kawasan pantai prahu remak. Sesampai di prahu remak tak banyak yang bisa dilakukan selain berfoto dan sambil bersantai menikmati pemadangan. Tentu kesan horor menjadi semakin bertambah kala deburan kencang ombak pantai selatan ini semakin kuat dan menggelegar. Di alam yang masih jarang  terjamah tangan manusia seperti ini sikap menghormati alam sangatlah penting tidak boleh sombong apa lagi melakukan hal yang sudah dipantangkan bagi msayarakat sekitar, dimanapun tempatnya hal tersebut harus selalu kita junjung tinggi karena beda daerah juga pastinya sudahbeda pula aturan dan pantangan yang ada. Terlepas dari cerita mistis diatas itu semua  tergangtung dari iman masing-masing percaya atau pun tidak itu juga tidak bisa dipaksakan, namun pastinya sikap menghormati alam tidaklah boleh kita abaikan begitu saja.

Yang jelas menurut saya pribadi, prahu remak ini merupakan sebuah pantai yang indah dan patut dibanggakan sebagi salah satu keindahan yang di miliki oleh kota Trenggalek meski letak nya sangat jauh dan terpencil . Kita patut bersyukur sebagai warga kota Trenggalek pada khususnya, dimana kota ini telah di anugerahi puluhan gugusan pantai dan yang indah mempesona dan pastinya tentu masih banyak lagi pantai-pantai yang tersembunyi di kawasan Trenggalek yang belum di ketahui oleh para arga Trenggalek sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cerita Mistis Berbalut Keindahan Di Pantai Prahu Remak Munjungan"

Post a Comment