Pisang “Buah Surga Yang Kaya Akan Manfaat “



Siapa yang tidak kenal dengan pisang salah satu buah yang di hasilkan dari tanaman tropis ini terkenal akan rasanya manis dan  teksturnya yang lembut. Buah pisang sendiri memilik banyak sekali jenis dan varietasnya , di Indonesia sendiri kita mengenal banyak pisang antara lain pisang ambon, pisang kepok, pisang mas,pisang raja dll. Cara pengkonsumsiannya pun bervariasi ada yang enak langsung di makan ada pula yang harus di goreng atau di kukus supaya rasanya lebih mantap.

Namun taukah sobat pembaca bahwa ternyata buah pisang ini juga di percaya sebagai salah satu buah yang ada di surga nanti. Dalam kitab suci pun juga di sebutkan sebuah kalimat tentang pisang yang bersusun susun "Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon-pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya." (al-Waaqi'ah [56]: 28-33). 

Apa saja kandungan dalam buah pisang..?

Gizi yang sangat tinggi.
Pisang terdiri atas air (75%), protein (1.3%) dan lemak (0.6%). Tiap buah pisang juga mengandung karbohidrat dan potassium dalam jumlah cukup. Tingginya jumlah potassium yang dikandungnya (0.24%) memfasilitasi pembuangan ampas dari tubuh.

kaya vitamin B6.
Kandungan Vitamin B6 dalam pisang juga memainkan peran penting dalam menggugah reaksi-reaksi unsur kimia dari protein dan asam amino, dan merupakan alat penting untuk menjaga otak berfungsi normal. Unsur-unsur kimiawi ini meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga keseimbangan kimia dalam cairan tubuh, membantu produksi energi, dan memberikan kemampuan bertahan terhadap tekanan (stres).

Mengandung banyak Karbohidrat.
Karbohidrat dalam pisang berfungsi sebagai enzim penolong dalam proses metabolisme lemak dan protein.

Selain itu mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh tentu pisang juga memiliki manfaat bagi tubuh kita. Berikut beberapa manfaat yang bisa di dapat dari mengkonsumsi buah pisang secara rutin.

1.Pisang menyembuhkan banyak jenis penyakit anemia (kekurangan sel darah merah dalam darah atau dalam kadar hemoglobin penderita),

2. sebagai instrumental dalam pembangunan sel dan otot, memelihara keseimbangan cairan tubuh, dan menyembuhkan penyakit-penyakit pada jantung.

3. Melancarkan pencernaan, kandungan seratnya yang sangat tinggi dapat membatu lambung dalam mencerna makanan.
 
4. Mengontrol temperatur, di beberapa negara, pisang dipandang sebagai makanan pendingin yang dapat menurunkan temperatur fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand contohnya, ibu hamil mengkonsumsi pisang untuk memastikan bayi lahir dengan temperatur sejuk.

5. Penderita penyakit lever, bagi penderita lever, dua buah pisang sehari dengan tambahan satu sendok madu, akan baik untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan kuat.

Nah sobat pembaca ternyata banyak sekali manfaat dari buah pisang bagi kesehehatan tubuh kita. Untuk bisa menikmati dan merasakan khasiat dari buah pisang maka pilihlah pisang yang benar benar sudah matang dengan ciri ciri warna kulit menguning, tekstur buah menjadi agak empuk dan aroma wangi dan harum mulai tercium.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pisang “Buah Surga Yang Kaya Akan Manfaat “"

Post a Comment