Mengenal Panu Dan Cara Mengobatinya


Panu atau dalam bahasa lainya di sebut pitiriasis versikolor adalah infeksi ringan yang terjadi pada kulit yang disebabkan oleh jamur   malaseiza furfur. Penyakit kulit ringan ini biasanya di tandai dengan adanya bercak putih  bersisik dan disertai rasa gatal pada bagian kulit yang terinfeksi. Penyakit kulit ini umumnya menyerang badan dan terkadang pula berada di daerah ketiak, sela paha,wajah dan lengan. 

Di indonesia sendiri hampir semua penduduknya terkena penyakit panu termasuk mungkin sobat pembaca he he he bercanda kok..!. Hal ini di sebabkan oleh cuaca/ iklim indonesia yang tropis  sehingga penduduknya mudah sekali mengeluarkan keringat dan lembab. Keringat yang dibiarkan saja menempel di kulit akan menjadi tempat subur untuk tumbuhnya jamur kulit. Panu sangat menyukai bagian tubuh yang mudah lembab tertutup pakaian dan daerah yang berminyak. Panu sendiri juga bisa tumbuh di daerah yang terbuka dan dapat tumbuh dengan ukuran 1 milimeter sampai satu centimeter bahkan untuk beberapa kasus akut panu bisa lebih besar lagi.

Walaupun penyakit ini termasuk iritasi ringan dan tidak menimbulkan rasa sakit atau perih namun panu terkadang sangat menggangu dan dapat mengurangi rasa percaya diri bagi si pederitanya. Secantik apa pun dan seganteng apa pun sobat jika terkena panu maka kecantikan dan kegantengan anda pasti seakan sirna apa lagi jika panu tumbuh pada bagian wajah tentu akan sangat membuat risih.  Sifat panu yang hobi tumbuh di daerah leher dan pungung ini sulit sekali dilihat oleh si penderita sehingga kebanyakan mereka tidak sadar kalau terkena penyakit panu, biasanya si penderita justru tau kalau terkena penyakit panu ini dari orang terdekat mereka. Jamur ini pun juga sangat mudah sekali menular lewat pertukaran alat mandi seperti handuk dan sabun, namun beberapa mitos mengatakan jika golongan darah tidak sama maka panu tidak akan menular.

Penyakit panu ini bisa disembuhkan dengan berbagai macam obat yang sudah ada, mulai dari obat tradisional hingga obat modren . Namun efek dari obat panu ini akan menimbulkan rasa  panas pada kulit si penderita, berikut ini dalah obat obat panu ari yang tradisional hingga modren.
 
*Obat panu tradisional*
Berikut beberapa  Obat panu tradisional yang kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia

1. Jahe : 
jahe dipakai sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan panu caranya dengan memarut jahe    dan menempelkan pada daerah kulit yang terinfeksi. Rasa hangat yang di timbulkan dari jahe dipercaya dapat membunuh jamur jamur yang menempel pada permukaan kulit.


2. Daun ketepeng cina :
Daun ketepeng cina diremas remas lalu di campur dengan sedikit garam dan di oles oleskan pada panu.
 
3. Lengkuas :
Lengkuas di potong lalu di gosok gosokkan pada tempat yang di tumbuhi panu hingga  bagian yang terkena jamur panu memerah dan terasa agak panas. jika sudah terasa panas maka khasiat dari zat yang terdapat di lengkuas ini pasti sedang beraksi.

        
4..Bawang putih : 
pemakaiannya hampir sama dengan lengkuas, potong dan gosok gosok pada bagian kulit yang terkena panu. jika bawang sudah terasa agak kecoklatan bis di ganti dengan bawang yang baru. Cara ini bisa digunakan paling tidak sehari tiga kali.
 
*Obat panu modren*


1. Obat panu oles atau saleb panu :
Obat ini umumnya mengandung ketokonazol,klotrimazol, sufur atau terbinafin (lihat pada komposisi obat) banyak terdapat di toko toko obat atau apotik dengan berabagi jenis dan merk. Beberapa obat terkadang memiliki efek yang cukup keras hingga membuat kulit terasa terbakar contohnya obat legendaris yang bernama kalpanak dan beberapa salep panu lain. Namun sekarang ini juga banyak tersedia obat salep panu yang tidak menimbulkan efek panas dan terbakar di kulit.

2. Obat panu minum :
Obat ini biasanya dipakai jika panu sudah menyebar keseluruh tubuh si penderitanya, obat ini lebih efektif dari pada obat oles karena tidak menimbulkan rasa panas pada kulit namun untuk obat minun biasanya harganya lumayan mahal dan efek sembuhnya pun juga cukup lama.  Harga obat panu minum ini juga bervariatif ada yang sangat mahal hingga puluhan ribu rupiah.

Untuk pemakaian obat modern tersebut jangan lupa sobat untuk melihat tanggal kadaluarsanya jangan sampai obat yang sudah mahal di beli malah tidak berkhasiat dan justru berbahaya bagi kesehatan. Pada dasarnya penyakit panu ini bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, menganti pakaian yang sudah berbau keringat, menjemur pakaian yang berekringat, menjaga kebersihan handuk dan menggunakan sabun antiseptik. Jika anda sudah terkena penyakit panu ini pastikan anda segera mengobatinya karena penyakit ini dapat tumbuh  dan menyebar. 

Pastikan juga anda tidak bertukar handuk, pakaian dan sabun mandi dengan teman atau keluarga karena bibit bibit jamur dapat menular melalui perantara tersebut.  Tentunya kita tidak mau minder dan kurang percaya diri karena panu yang menginfeksi kulit kita, oleh karena itu marilah kita  menjaga kebersihan badan kita agar terhindar dari penyakit panu. 

Demikian Sobat pembaca JejakNoe tentang penyakit panu dan obat obat tradisioan dan modren yang dapat digunakan untuk menyembuhkannya. Semoga info diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi sobat dan keluarga sekitar.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mengenal Panu Dan Cara Mengobatinya"

Post a Comment