Efek buruk makan berdecap


Makan-makan..! Sudahkah sobat makan hari ini kalo belum ayo segera makan sana, makans memang adalah kebutuhan pokok bagi manusia karena tanpa makan tentu manusia  tidak dapat bertahan hidup. Makan memang hal yang sangat pribadi bagi individu,  namun sering kali kita lupa bahwa ada sebagaian dari teman,sahabat  atau mungkin malah saudara kita yang memiliki kebiasaan makan sambil berdecap. 

Memang tidak ada larangan makan sambil berdecap karena itu adalah hak dari setiap  individu masing-masing, dan tidak ada aturan yang secara tertulis melarangnya. Namun tahukah anda bahwa makan sambil berdecap mempunyai beberapa dampak negatif dalam kehidupan dan bahkan kesehatan bagi si pelaku. Berikut adalah beberapa efek buruk dari makan berdecap.

1. Mudah tersedak : 
Orang yang makan sambil berdecap rata rata mereka lebih mudah tersedak dari pada orang yang makan tanpa mengeluarkan decap. Hal ini karena mereka yang punya kebiasaan berdecap sering tergesa gesa dalam mengunyah makanan.

2. Tidak sopan : Makan dengan suara berdecap sungguh sangat menggangu dan tidak enak di dengar telinga dan di pandang mata, oleh karena itu banyak orang mengecap kata tidak sopan bagi mereka yang makan sambil berdecap. Bahkan orang tua kita pun akan selalu menegur kita dengan kata ‘Tidak sopan’ ketika kita makan sambil berdecap.

3.Di cap sebagai orang yang rakus: 
Makan sambil berdecap akan menimbulkan kesan rakus bagi orang yang melihatnya dan kebanyakan orang akan memilih menjauh jika bertemu satu meja makan dengan orang yang suka berdecap. Tentu suara yang keras ini akan membuat teman atau orang lain yang ada di dekat kita merasa risih.

4. Menjadi sebuah kebiasaan: 
Orang yang sering makan dengan berdecap lama kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan yang melekat dan sangat sulit di rubah, tak jarang mereka yang tanpa sadar makan dengan suara yang berdecap walaupun itu berada di tempat umum sekalipun. Jadi segera ubahlah kebiasaan makan yang buruk ini sebelum mengakar dan sulit untuk di ubah.

5. Di tiru anak : 
point inilah yang sangat penting dan berbahaya dari kebiasaan berdecap, apa bila anda punya kebiasaan berdecap dan  kebetulan anda sudah punya anak, maka segeralah ubah kebiasaan anda karena anak anda pasti akan meniru kebiasaan anda. Ingat bahwa anak itu selalu melihat, mendengar dan meniru apa yang orang tuanya lakukan. Tentu kita tidak ingin jika anak kita nanti meniru perbuatan keliru yang kita lakukan.
 
Nah sobat pembaca jika kita mempunyai kebisaan buruk ini maka alangkah baiknya jika kita segere memperbaiki diri dan menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Karena selain tidak sopan ternyata makan berdecap juga memiliki banyak dampak negative bagi si pelaku. Yuk berubah menjadi lebih baik agar tidak di tiru oleh anak anak kita kelak nantinya. Semoga artkel ini bermanfaat



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Efek buruk makan berdecap"

Post a Comment