Gempa 24 Mei 2017 Dan Tips Antisipasi Gempa Dari BMKG


Pada hari rabu malam tepatnya sekitar jam 23: 44 : 51 WIB telah terjadi gempa yang lumayan kencang di rasakan terutama di wilayah provinsi Jawa Timur. Gempa yang terjadi pada saat jam tidur tersebut sempat membuat beberapa orang kaget dan terkejut. Banyak yang saya lihat keluar rumah dalam keadaan masih sangat mengantuk termasuk saya sendiri juga cukup terkejut karena ketika gempa ini muncul saya dalam posisi tidur pulas.

Mungkin sudah refleks saya jika terjadi gempa dalam keadaan tertidur pasti langsung terbangun dan cepat cepat keluar rumah untuk antisipasi jika terjadi hal hal yang tidak di inginkan seperti tiba tiba gempa menjadi semakin kuat dan menimbulkan kerusakan pada bagian rumah. Tentu hal yang demikian bisa sangat berbahaya sekali bagi keselamatan keluarga dan pribadi.

Setelah gempa sudah mereda saya pun mengambil hp dan mencari sumber berita yang ada tentang gempa ini. lalu saya dapati beberapa gambar dan pesan dari gurp WA di hp saya. Menurut sumber dari BMKG gempa tersebut berasal dari Kabupaten Blitar tepatnya di koordinat 9.13 LS, 111.93 BT dengan skala 5,6 sr dimana lokasi gempa berada di laut / gempa tektonik di kedalaman 10 km (Sumber BMKG) dengan skala tersebut bisa dikatakan bahwa  gempa yang terjadi semalam tidak berpotensi menimbulkan Tsunami.

Nah untuk mengantisipasi hal hal yang tidak di inginkan saat terjadi gempa berikut ini adalah beberapa untuk antisipasi gempa yang sudah di terangkan oleh BMKG

1.    Jika berada di dalam bangunan
Lindungi kepala saat berada dalam bangunan dengan tangan atau helm agar tidak terkena reruntuhan dan sebisa mungkin segera lari keluar bangunan. Jika tidak sempat cari tempat berlindung seperti meja dll.

2.    Jika berada di luar bangunan

Jauhkan diri dari gedung atau bangunan yang tinggi seperti tiang listrik, pohon dll. Perhatikan juga tempat berpijak agar tidak terkena retakan tanah.

3.    Jika berada di dalam mobil

Matikan mobil dan segera keluar untuk menghindari gesekan dan timbulnya kebakaran

4.     Jika berada di pantai
Segera jauhi pantai dan naik ketempat yang tinggi untuk menghindari jika terjadi tsunami

5.    jika berada di daerah pegunungan

 Segera hindari dareah yang berpotensi rawan longsor

Demikian beberapa tips untuk mengantisipasi jika terjadi gempa semoga bermanfaat dan jangan panic jika terjadi gempa.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gempa 24 Mei 2017 Dan Tips Antisipasi Gempa Dari BMKG"

Post a Comment