Jurug Kemukus Dan Cerita Keindahannya


Jurug kemukus sebenarnya sudah lama sekali terkenal beberapa tahun yang lalu bersamaan dengan ngehitsnya wisata jurug Waru Kec. Dongko Kab. Trenggalek. Jurug yang berlokasi hanya beberapa meter saja dari jurug waru ini memang memiliki keindahan tersendiri dimana pada bibir tebingnya mengalirkan air terjun yang cukup  tenang dimana air dari aliran sungai  mengalir hampir memenuhi lebar tebing sehingga menciptakan kesan yang cukup luas pada jurug kemukus. 
Kolam alam Kedung Kemukus
Selain dari pada itu jurug kemukus juga memiliki area kedung yang cukup luas dan aman digunakan untuk aktifitas wisata air, kedung ini juga memiliki sebuah keunikan yang mungkin tidak terdapat pada kedung lain yang ada di wilayah kota Trenggalek, dimana pada bagian tengahnya terdapat dua buah batu besar yang jika di lihat sekilas hampir berbentuk bulat sempurna. Kedua batu inilah yang sering di panjat  dan di gunakan sebagai arena loncat ke dalam air.

Area kedung yang berwarna hijau tenang dan aliran dari air terjun yang memantulkan warna warni pelangi tentunya sangat menggoda untuk menyempatkan diri bermain air di sini.  Meski sudah tak seramai dulu namun obyek wisata ini ternyata juga masih tetap di kunjugi oleh beberapa pengunjung local maupun luar kota. Kebanyakan dari mereka yang berkunjung hanya sekedar memenuhi rasa penasaran saja akan keindahan jurug waru namun berhubung jarak yang telah di tempuh lumayan jauh jadinya tanggung sekalian saja menyusuri sungai dan menikmati keindahan dari jurug kemukus.
Jurug waru
Pada kawasan wisata ini semua pemandangannya akan terlihat indah sempurna jika sudah memasuki musim kemarau. Dimana tebing tebing terlihat lebih curam dan menantang kekuningan akibat dedaunan yang kering. Kedung kedung pun menjadi lebih hijau, tenang dan menyegarkan mata, aliran sungainya  juga menjadi lebih tenang dan bebatuan yang besar besar seakan muncul kepermukaan dan  menjadi terlihat lebih jelas. 

Pada dasarnya keindahan dari kedua potensi wisata ini sudah cukup di akui oleh kota-kota tetangga bahkan di luar negeri pun juga. Hal tersebut terlihat dari jumlah aktifitas sosial yang memeberikan respon positif dengan pujian-pujian dan ungkapan rasa kagum. Namun sayangnya eksistensi dari duet maut jurug ini tidaklah bertahan cukup lama, warung-warung yang dulu sempat ramai memenuhi tiap pinggir jalan kini mulai sepi di tinggalkan para pedagangnya. Entah karena kurangnya promosi atau pengelolaan yang membuat kedua wisata ini sepi namun  besar harapan semoga  suatu saat nanti jurug kemukus dan jurug waru bisa kembali eksis meramaikan wisata yang ada di Kota Trenggalek.
Keindahan Tebing di kawasan jurug waru & kemukus

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurug Kemukus Dan Cerita Keindahannya"

Post a Comment